Penyebab Rambut Rontok Bagian 3

Diposting oleh Hendra on Kamis, 06 Desember 2012

Penyebab Rambut Rontok Bagian 3 - Pada bagian yang kedua, anda sudah mendapatkan penjelasan mengenai masalah rambut rontok akibat penyakit yang dilengkapi dengan tips-tips untuk mendiagnosa serta cara sederhana untuk mengatasinya. Nah, postingan kali ini adalah sebagai penjelasan untuk bagian yang terakhir mengenai hal-hal yang menyebabkan rambut menjadi rontok.

rambut rontok akibat kerusakan mekanis

Rambut Rontok Akibat Faktor Kerusakan Mekanis

Kerusakan dan kerontokkan rambut dapat disebabkan oleh perlakuan yang anda lakukan terhadap rambut, baik itu disengaja ataupun tidak disengaja (tanpa disadari). Penyebab rambut rontok yang termasuk kedalam bagian ini antara lain seperti faktor kebiasaan dan penggunaan bahan-bahan kimia untuk fashion rambut.
  • Trikotilomania (kebiasaan menarik rambut)
Kebanyakan anak-anak perempuan dan sebagian wanita dewasa memiliki kebiasaan untuk memainkan rambutnya dengan memilin-milin serta menariknya. Ini merupakan kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan secara tidak sadar. Jika tidak segera dihentikan, kebiasaan ini dapat menyebabkan kerontokkan rambut secara permanen. Hal ini terjadi karena kulit kepala akan mengalami stres akibat ketegangan yang konstan.

Jika anda termasuk yang mempunyai kebiasaan ini, segeralah berkonsultasi dengan orang yang profesional. Karena walaupun tidak berbahaya, ini termasuk gangguan mental ringan, dan tentunya berbahaya terhadap rambut anda sendiri.
  • Mengepang Rambut
Biasanya anak-anak atau wanita dewasa yang mempunyai rambut keriting seringkali mengepang rambutnya untuk membuatnya terlihat lebih rapi. Untuk kondisi yang normal, hal ini tentu bukan sebuah masalah. Namun jika kepangan rambut terlalu ketat, apalagi memakai kepang dalam waktu yang lama, maka ini dapat meyebabkan kerontokan rambut yang parah dan bisa jadi permanen. Hal ini disebabkan karena beban yang konstan pada folikel rambut.

Pola kerontokkan rambut yang disebabkan oleh kepangan rambut ini dikenal dengan sebutan traksi alopecia. Jadi pastikan untuk tidak terlalu ketat saat mengepang rambut. Atau jika karena keperluan tertentu anda harus mengepang agak ketat, maka usahakan untuk tidak berlama-lama dan segera melepas kepangan.
  • Penataan Rambut
Banyak orang yang melakukan perubahan dalam penampilan rambut mereka dengan menggunakan bahan-bahan kimia seperti pewarnaan, pelurusan, pengeritingan, atau bleaching. Sebenarnya ini bukanlah sebuah masalah, jika memang dilakukan dengan benar dan menggunakan produk-produk yang sudah terkenal dan banyak direkomendasikan. Namun walaupun begitu, terlalu sering mengubah gaya rambut dengan menggunakan bahan-bahan kimia dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokkan rambut yang parah.

Pastikan untuk berkonsultasi dengan penata rambut kesayangan anda jika ingin merubah penampilan rambut anda dalam waktu yang berdekatan. Dan jangan pernah mencoba produk-produk perawatan rambut yang tanpa disertai label informasi produk, atau untuk lebih amannya gunakan saja produk-produk yang sudah terkenal.

Populer