Tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Ketombe

Diposting oleh Hendra on Kamis, 25 Oktober 2012

Tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Ketombe - Ketombe adalah permasalahan klasik yang pernah dialami oleh hampir semua orang di dunia ini, dan masalah ketombe bisa menjadi sangat mengganggu apabila termasuk dalam kondisi parah. Apa sih ketombe itu? Ketombe adalah sel-sel kulit mati pada kulit kepala yang mengelupas diatas batas kewajaran. Secara alami, sel-sel kulit mati pada tubuh manusia memang akan mengelupas, begitu pula pada sel-sel kulit mati pada bagian kepala, namun jika pengelupasan itu tidak wajar dan berlebihan, maka ini akan menjadi masalah dan disebut dengan ketombe. Jadi ketombe bukanlah merupakan organisme seperti halnya kutu.

tentang ketombe dan penyebabnya

Penyebab Ketombe

Sebenarnya munculnya ketombe pada kulit kepala dipengaruhi oleh banyak faktor, namun secara umum penyebab ketombe dikelompokkan sebagai berikut :
  1. Keringat. Bagi anda yang rajin berolahraga, maka anda sering untuk berkeringat. Keringat yang bercampur dengan minyak dan mengendap diatas kulit kepala akan menyebabkan masalah ketombe, hal ini akan menjadi semakin parah apabila anda jarang keramas.
  2. Kulit kering. Banyak ahli yang mempercayai jika masalah kulit kering adalah faktor utama yang menyebabkan masalah ketombe.
  3. Jamur. Penelitian menemukan bahwa beberapa bentuk tertentu dari ketombe adalah disebabkan oleh jamur. Dan karena jamur tidak dapat dihilangkan secara tuntas, maka ketombe juga tidak dapat dibasmi selamanya, hanya bisa dikontrol.
  4. Kulit berminyak. Walaupun kulit kering dipercaya sebagai faktor utama munculnya ketombe, namun kulit berminyak ternyata juga dapat membuat masalah yang sama, apalagi jika tidak rajin melakukan keramas.
  5. Faktor-faktor lain yang juga dapat membuat ketombe muncul adalah masalah hormon, memakai produk-produk perawatan rambut yang salah, pola makan yang tidak sehat, stres, dan cuaca dingin.

Cara Mengatasi Ketombe

  • Jangan pernah mengabaikan masalah ketombe jika anda sedang mengalaminya, ini akan membuat kondisinya menjadi semakin parah dan pastinya akan membuat rasa gatal yang sangat mengganggu.
  • Keramaslah lebih sering menggunakan shampo anti ketombe. Jika rambut anda tergolong berminyak, maka anda dapat melakukan keramas setiap hari untuk mengendalikan kemunculan ketombe.
  • Anda dapat memilih cara alami mengatasi ketombe yang memang sudah terbukti ampuh. Ada banyak cara alami yang dapat anda pilih mulai dari yang termudah.
  • Jika langkah diatas tidak mempan atau masalah ketombe anda termasuk parah, maka anda dapat menggunakan obat-obatan anti ketombe. Obat-obatan anti ketombe biasanya mengandung zinc pyrithione, selenium sulfida, salisilat atau asam sulfur, dan lain-lain. Gunakanlah obat-obatan ini sesuai petunjuk yang tertera dan jangan berlebihan, karena obat-obat anti ketombe biasanya mempunyai efek yang keras. Hentikan penggunaan jika masalah ketombe sudah teratasi, sebaiknya gunakan shampo biasa untuk keramas.

Semoga penjelasan dari artikel tentang penyebab dan cara mengatasi ketombe diatas cukup berguna dan membuat anda lebih paham mengenai ketombe. Diharapkan anda dapat memilih metode terbaik yang benar-benar cocok untuk anda ketika mengalami masalah ini.

Populer