Tips Cara Mengatasi Dan Merawat Rambut Kering

Diposting oleh Hendra on Selasa, 30 Oktober 2012

Tips Cara Mengatasi Dan Merawat Rambut Kering - Memiliki rambut yang kering memang tidak menyenangkan, apalagi jika rambut tersebut panjang, ini adalah masalah yang perlu mendapat perhatian serius. Rambut kering biasanya akan terlihat kusam dan mudah sekali menjadi kusut. Selain itu rambut kering juga biasanya akan menyebabkan masalah-masalah yang lainnya seperti ketombe, rambut pecah-pecah, dan rambut rontok. Karena itu, penting sekali bagi anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut kering yang benar-benar efektif.

cara mengatasi rambut kering

Jika saat ini anda sedang bermasalah dengan rambut yang kering dan rusak, maka sebaiknya anda harus segera merawat rambut kering tersebut sebelum masalah-masalah yang lain mengikuti. Ingat! Mengatasi satu masalah tentu akan lebih mudah daripada mengatasi banyak masalah sekaligus. Dan berikut ini beberapa tips cara merawat rambut yang dapat anda ikuti :

Tips Merawat Rambut Kering Dan Rusak

1. Jangan terlalu sering mencuci rambut
Untuk orang yang mempunyai rambut berminyak memang disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Sebaliknya, bagi anda yang berambut kering, hal ini harus anda hindari. Keramas setiap hari akan membuat kulit kepala dan rambut anda menjadi semakin kering dan kusam, ini karena minyak alami yang diproduksi kelenjar minyak larut bersama shampo yang anda gunakan.

Gunakan air dingin saat mencuci rambut, jangan pernah menggunakan air hangat! Air hangat akan membuat pori-pori kulit kepala semakin membesar dan akan semakin mengurangi kelembaban pada rambut anda.

2. Jangan menyisir rambut saat masih basah
Biarkanlah rambut anda mengering secara alami sebelum disisir. Ketika dalam keadaan basah biasanya kondisi rambut lebih rapuh, ini akan membuatnya menjadi mudah patah saat disisir.

3. Lepaskan ikatan rambut saat tidur
Bagi anda yang mempunyai rambut kering sangat disarankan untuk tidak terlalu sering mengikat rambut, apalagi mengikatnya dengan ketat. Saat sedang santai dan tidak terlalu banyak kegiatan, biarkanlah rambut anda tergerai bebas. Begitu pula saat tidur. Rambut dan kulit kepala juga memerlukan relaksasi dan dapat bernafas dengan bebas. Ini dapat mengurangi resiko kerontokkan rambut.

4. Gunakan kondisioner setiap keramas
Ini sangat penting untuk menjaga kelembaban rambut, apalagi jika anda suka mewarnai rambut. Bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut akan membuat rambut kering anda menjadi semakin kering. Gunakan kondisioner secara teratur setiap habis keramas. Anda juga disarankan untuk lebih sering melakukan creambath atau hair spa.

5. Jauhkan rambut anda dari alat-alat penataan rambut
Untuk sesekali sebaiknya anda membiarkan rambut anda mendapat liburan dan istirahat dari alat-alat pentaan rambut seperti hair dryer, blow, dan catok. Panas yang dihasilkan dari alat-alat ini sangat tidak baik untuk rambut kering, ini akan membuatnya semakin kering dan menjadi kusam.

6. Sering mengamati rambut
Rajinlah untuk mengamati kondisi rambut anda! Ini adalah bentuk sikap bertanggungjawab terhadap diri sendiri yang harus anda lakukan. Toh efeknya juga untuk diri anda sendiri. Dengan sering mengamati kondisi rambut, anda akan semakin paham dengan kondisi rambut anda. Anda dapat dengan mudah berkonsultasi dengan ahli dermatologi karena anda paham dengan permasalahan rambut anda.

Semoga tips cara mengatasi dan merawat rambut kering diatas dapat bermanfaat, dan membuat rambut bermasalah anda cepat pulih seperti sedia kala dan menjadi sehat berkilau kembali!

Populer