Model Gaya Rambut Pria

Diposting oleh Hendra on Rabu, 31 Oktober 2012

Model Gaya Rambut Pria - Bukan hanya wanita yang perlu memikirkan model rambut yang cocok untuk membuatnya terlihat lebih cantik dan menarik. Pria juga perlu memikirkan gaya potongan rambut yang cocok untuk dirinya. Selain agar terlihat lebih menarik, gaya rambut pria juga identik dengan ekspresi untuk menunjukkan jati diri.

Secara umum model rambut pria dibagi menjadi tiga, yaitu gaya rambut kasual, gaya rambut formal, dan gaya rambut alternatif. Masing-masing dari gaya rambut tersebut juga masih akan dibagi-bagi lagi, tapi di postingan kali ini tidak akan saya bahas dulu. Kali ini saya hanya ingin membahas model gaya rambut pria secara umum dulu.

Gaya Rambut Pria Kasual 


gaya rambut kasual medium pria

Deskripsi :
  • Gaya rambut ini bisa digambarkan sebagai sesuatu yang mengalir bebas, easy going / santai, dan membiarkan rambut lebih apa adanya (tidak terlalu banyak diatur). Model rambut seperti ini dapat digunakan sehari-hari maupun saat bekerja. Yang termasuk potongan rambut kasual antara lain adalah potongan rambut medium dan pendek dengan model berdiri, layer yang sedikit acak, potongan yang lancip pada ujung-ujung rambut, potongan rambut panjang, gaya rambut bergelombang dan keriting.
Metode :
  • Membuat potongan gaya rambut seperti ini biasanya sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Yang terpenting dari model rambut ini adalah bahwa potongannya lebih mengikuti arah jatuhnya rambut dan tidak terlalu rapi.
Kesan :
  • Gaya rambut seperti ini lekat sekali dengan sebuah pernyataan sikap, "Saya sudah terlihat cukup baik, saya tidak perlu terlalu formal untuk mendapat perhatian orang, saya mudah dan cepat, inilah saya apa adanya". (lihat contoh gaya rambut kasual)

Gaya Rambut Pria Formal


gaya rambut formal pendek pria

Deskripsi :
  • Gaya rambut ini digambarkan sebagai sesuatu yang rapi dan sangat terorganisir. Tidak peduli apakah rambutnya lurus, bergelombang, atau keriting. Atau apakah rambutnya pendek, sedang, atau panjang. Rambut akan terlihat tetap rapi dan terlihat dipotong dan dibentuk dengan sangat baik.
Metode :
  • Contoh gaya rambut ini salah satunya adalah seperti potongan anak sekolahan, yaitu pendek pada bagian belakang dan sisi-sisi rambut. Pada bagian atas cenderung dibuat datar dengan sisiran yang baik. Akan terlihat sangat baik jika mengenakan pakaian resmi seperti jas atau safari.
Kesan :
  • Kesan yang ditampilkan dari potongan rambut ini adalah, "Saya orang yang terorganisir, saya orang yang bertanggungjawab, saya menyukai sesuatu yang rapi". Gaya rambut seperti ini bertahan lama, atau dengan kata lain akan tetap terlihat rapi selama berjam-jam. (lihat contoh model rambut pria formal)

Gaya Rambut Pria Alternatif


gaya rambut punk pria
Deskripasi :
  • Gaya rambut ini digambarkan sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, tidak dapat dikelompokkan dengan potongan rambut konvensional, klasik, atau modis. Gaya rambut alternatif adalah semua gaya rambut yang tidak termasuk dalam ketiga kelompok tadi, intinya adalah kebebasan dalam berekspresi.
Metode :
  • Semua metode yang dapat dilakukan, tidak ada batas. Mulai gaya punk dengan menyasak rambut dan pemberian gel yang banyak sehingga menjadi sangat kaku dan berdiri, gaya rambut emo, sampai dengan model dreadlocks (gimbal), baik itu rapi atau acak-acakan. Pemakaian warna-warna rambut yang beraneka ragam juga termasuk diantaranya.
Kesan :
  • Style rambut ini memberikan kesan bahwa, "Saya adalah orang bebas, saya tidak pernah terbelenggu dengan industri fashion". Jika anda seorang marketing atau sedang memasarkan suatu produk atau diri anda sendiri, maka gaya rambut ini cocok untuk anda terapkan. (lihat contoh potongan rambut pria alternatif)

Dari ketiga model gaya rambut pria diatas, mungkin potongan rambut alternatif adalah yang paling menarik untuk dicoba. Apalagi jika anda masih duduk di bangku kuliah, atau anda yang bekerja di bidang seni dan industri hiburan. Saran saya, berpikirlah secara bijak sebelum memutuskan untuk mengubah gaya rambut anda, terutama untuk anda yang senang mengganti-ganti gaya rambut. Jangan menggunakan metode yang sangat sulit untuk diperbaiki seperti pemakaian bermacam warna dan menggimbal rambut. Semoga bermanfaat!

Populer