Cara Merawat Rambut Berminyak

Diposting oleh Hendra on Rabu, 14 November 2012

Cara Merawat Rambut Berminyak - Rambut yang berminyak identik dengan lepek, kusam, dan susah untuk ditata. Jika pada artikel sebelumnya Rambut Info sudah menyampaikan bagaimana cara mengatasi rambut berminyak, maka artikel kali ini lebih menitik beratkan pada bagaimana cara merawatnya dengan benar. Minyak yang berlebihan pada rambut memang membuat debu dan kotoran mudah sekali untuk menempel, apalagi jika anda banyak melakukan aktifitas diluar ruangan. Hal-hal seperti ini sedikit banyak tentu akan mengganggu penampilan anda.

cara merawat rambut berminyak

Lalu apa yang harus dilakukan jika kita memiliki jenis rambut yang cenderung berminyak? Berikut ini ada beberapa tips bermanfaat bagi anda yang mempunyai masalah dengan rambut berminyak yang mengganggu.

Tips Merawat Rambut Berminyak Sehari-Hari

  • Gunakan shampo ringan (mild shampoo), atau shampo yang khusus untuk rambut berminyak, atau shampo bayi.
  • Berlawan dengan cara merawat rambut kering, anda justru harus mencuci rambut setiap hari, khususnya bagi anda yang banyak beraktifitas berat dan diluar ruangan. Fokuskan pencucian rambut pada helai rambut, bukan pada kulit kepala.
  • Selalu gunakan air dingin saat keramas. Penggunaan air hangat dapat memicu kelenjar minyak pada kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak lagi.
  • Masalah rambut berminyak biasanya akan dibarengi dengan masalah ketombe, karena itu anda dapat melakukan perawatan menghilangkan ketombe secara bersamaan.
  • Kondisioner tetap diperlukan, namun gunakan hanya pada bagian ujung rambut saja. Anda tidak perlu mengoleskan kondisioner pada batang rambut, apalagi yang dekat dengan kulit kepala dan akar rambut.
  • Jangan pernah menggunakan gel atau minyak rambut. Rambut anda sudah cukup berkilau dengan minyak alami yang dihasilkan dari kelenjar minyak pada kulit kepala, jadi produk-produk tersebut tidak anda perlukan sama sekali.
  • Jangan terlalu sering menyisir rambut anda. Ini dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi.
  • Campuran air jeruk nipis dan plain yogurt yang dioleskan pada kulit kepala dan rambut bisa jadi alternatif alami yang efektif untuk mengatasi masalah rambut berminyak ini.
Jangan biarkan penampilan anda terganggu hanya karena masalah rambut anda yang berminyak. Semoga beberapa tips cara merawat rambut berminyak diatas dapat berguna. Selamat mencoba!

Populer