3 Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Diposting oleh Hendra on Rabu, 21 November 2012

3 Cara Efektif Mengatasi Rambut Rontok - Setiap orang dewasa yang normal memiliki sekitar 100.000 helai rambut di kepalanya. Dan tentu saja tidak ada satu orangpun yang mau kehilangan mahkotanya tersebut. Karena itu, untuk menjaga rambut anda tetap berada pada tempatnya, perawatan rambut yang baik perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerontokkan. Dan perlu dipahami bahwa belum ada satupun obat-obatan moderen yang mampu mengatasi masalah kebotakan yang diakibatkan oleh faktor keturunan atau genetik.

cara efektif mengatasi rambut rontok

Obat moderen mungkin efektif untuk mengatasi rambut rontok yang diakibatkan oleh infeksi pada kulit kepala, radiasi, dan faktor stress. Khasiat ini tidak jauh berbeda dengan ketika anda melakukan perawatan rambut alami. Khususnya untuk masalah penipisan rambut, terapi alami sangatlah efektif jika dilakukan dengan teratur. Berikut ini 3 cara efektif mengatasi rambut rontok secara alami yang dapat anda lakukan.

Pemijatan Pada Kulit Kepala

Peningkatan aliran darah ke folikel rambut sangat efektif untuk mengatasi masalah kerontokkan rambut. Memijat kulit kepala anda dengan lembut selama 3-5 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Ini dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Gunakan ujung jari untuk memijat dan menggosok kulit kepala secara perlahan.

Minyak Aromaterapi Yang Mengatasi Kerontokan

Campuran minyak lavender dengan daun salam sangat efektif untuk merangsang kulit kepala. Anda dapat juga menambahkan 6 tetes minyak almond atau minyak kedelai atau minyak wijen. Aplikasikan campuran minyak ini secara merata di kulit kepala sambil dipijat secara perlahan. Biarkan untuk menyerap sekitar 15 hingga 20 menit. Setelah itu anda dapat membersihkan dengan melakukan keramas menggunakan sampo ringan.

Terapi ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah rambut rontok yang disebabkan oleh stress, baik ringan maupun akut. Silahkan lihat juga minyak perawatan rambut alami yang lain.

Nutrisi Untuk Mencegah Rambut Rontok

Untuk Pria :
  • Sangat disarankan bagi pria yang mengalami masalah kerontokkan rambut untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak tinggi. Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan hormon testosteron, dan ini dipercaya memberikan andil yang besar terhadap kerontokkan rambut. Mulailah beralih ke makanan-makanan rendah lemak. Selain dapat mengatasi rambut rontok, hal ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Untuk Wanita :
  • Masalah rambut rontok pada wanita jarang mengakibatkan kebotakan, walaupun bisa saja terjadi. Penipisan rambut yang dialami oleh wanita seringkali merupakan indikasi bahwa ada masalah dalam organ pencernaan. Bisa jadi karena kesalahan dalam penyerapan zinc, protein, nutrisi yang lainnya, atau kurangnya asam lambung. Untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi bubuk acidophilus (tanpa susu) secara teratur setiap habis makan selama sebulan penuh. Produk ini dapat dicari di apotik atau toko-toko obat.

Sangatlah baik untuk memberikan perhatian secara serius terhadap masalah rambut rontok sejak dini. Anda mungkin akan merasa bersyukur di kemudian hari karena tetap memiliki 'mahkota' anda berada pada tempatnya. Lihat juga Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Populer