Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Wanita

Diposting oleh Hendra on Jumat, 23 November 2012

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Wanita - Banyak orang yang tidak paham jika kejadian rambut rontok secara berlebihan bisa terjadi baik pada pria, anak-anak, maupun wanita dalam kapasitas yang sama. Namun pada wanita jarang sekali terjadi kasus kebotakkan. Biasanya kasus kebotakkan pada wanita disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan untuk kasus kerontokkan rambut, biasanya ini bersifat sementara karena perubahan hormonal, kondisi tiroid (pencernaan), atau penyebab rambut rontok yang lainnya.

rambut rontok parah pada wanita

Berikut ini beberapa instruksi sebagai cara mengatasi rambut rontok pada wanita :

Mengatasi Kerontokkan Rambut

  1. Segera temui dokter jika anda mengalami kasus kerontokkan rambut yang berlebihan setelah kehamilan, menopause, penurunan berat badan yang cepat, penyakit yang ekstrim, atau setelah operasi. Kasus kerontokkan biasanya bersifat sementara dan dapat dikendalikan dengan sampo dan suplemen diet yang diresepkan.
  2. Pengobatan topikal bisa jadi sangat baik untuk mengatasi masalah kerontokkan rambut parah sementara yang diakibatkan oleh stress, luka bakar, atau saat menjalani kemoterapi.

Mengatasi Pola Kebotakan Rambut

  1. Menggunakan produk minoxidil yang diformulasikan khusus untuk wanita. Ini mungkin akan sangat efektif untuk meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Dan minoxidil sampai saat ini adalah satu-satunya obat yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah kebotakan.
  2. Gunakan sampo herbal atau sampo sintetis yang bersifat anti jamur, sangat baik jika sampo ini merupakan resep dari dokter. Penggunaanya bisa dikombinasikan dengan minoxidil dan suplemen diet.
  3. Disarankan juga untuk berkonsultasi dengan herbologist atau ahli di bidang pengobatan alami untuk mendapatkan saran terbaik jika ingin menggunakan cara alami mengatasi rambut rontok, karena banyak cara alami yang sangat manjur untuk mengatasi masalah kerontokkan rambut.
  4. Jika semua cara diatas telah dilakukan namun tidak memberikan efek yang signifikan, maka jalan terakhir adalah dengan melakukan bedah kosmetik (menanamkan rambut pada daerah kulit kepala yang botak).

Catatan Mengenai Rambut Rontok Wanita

  • Jangan tergesa-gesa dan membuang uang terlalu banyak untuk mendapatkan pengobatan tentang masalah ini. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosa dan biaya pengobatan yang lebih masuk akal.
  • Sampai saat ini baru hanya minoxidil yang direkomendasikan sebagai obat untuk mengatasi masalah rambut rontok pada wanita.
  • Pola kebotakan pada wanita (androgenetic alopecia) sangat mirip dengan pola kebotakan pada pria. Terjadi penipisan pada folikel rambut dari waktu ke waktu sampai akhirnya tidak sanggup lagi menopang pertumbuhan rambut.
  • Semua obat-obatan, herbal, dan topikal mungkin akan memberikan efek samping. Konsultasikan literatur produk sebelum menggunakan.

Populer