Penyebab Rambut Rontok Yang Paling Umum

Diposting oleh Hendra Wibowo on Rabu, 28 November 2012

Penyebab Rambut Rontok Yang Paling Umum - Mengalami masalah rambut rontok sebenarnya adalah suatu hal yang wajar, selama jumlah rambut yang rontok masih berkisar antara 50 - 100 helai / hari. Namun adakalanya seseorang mengalami masalah kerontokkan rambut diatas batas kewajaran dan terbilang cukup parah pada periode tertentu. Bagi siapa saja yang sedang mengalami masalah ini, tentu hal tersebut akan memberikan perasaan was-was.

rambut rontok setelah melahirkan

Penyebab rambut rontok berlebihan sebenarnya sangat bervariasi dan ada bermacam-macam. Diantara sekian banyak faktor yang dapat mempengaruhi, yang paling umum antara lain adalah penggunaan obat-obatan, paparan bahan kimia, kemoterapi, radiasi, faktor hormonal dan gizi, tiroid, penyakit kulit tertentu, dan stres. Dan dari banyak penyebab tadi, beberapa diantaranya ada yang bersifat sementara dan ada pula yang bisa permanen.

Penyebab Kerontokan Rambut Yang Paling Sering

Faktor Hormonal

Ini adalah penyebab paling umum untuk masalah kerontokkan dan penipisan rambut. Hormon adalah hal penting yang dapat merangsang pertumbuhan maupun hilangnya rambut. Faktor ini sama-sama memegang peranan baik pada pria maupun wanita.

Masalah rambut rontok ini disebabkan oleh DHT androgen (Dihydrotestosterone). Dan karena setiap orang memiliki DHT, maka terdapat faktor lain juga yang ikut berperan dalam masalah kerontokkan rambut yang parah. Faktor tersebut adalah folikel rambut yang mempunyai lebih banyak reseptor untuk menyerap DHT. Ini merupakan faktor keturunan yang dibawa di dalam gen.

Pengobatan rambut rontok yang dianggap paling manjur untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan obat anti androgen. Obat ini berfungsi untuk mencegah pembentukan DHT.
  • Persalinan
Banyak wanita mengalami masalah kerontokkan rambut yang parah setelah melahirkan. Hal ini disebabkan karena secara simultan rambut sedang berada pada fase istirahat (telogen). Keadaan ini dapat berlangsung hingga 2, 3, atau 6 bulan setelah melahirkan. Namun jangan kuatir, biasanya masalah rambut rontok seperti ini dapat benar-benar pulih setelah perubahan hormon pada tubuh wanita yang baru melahirkan kembali stabil.
  • Pil KB
Pil KB juga dapat menjadi faktor penyebab pada wanita yang mempunyai kecendurungan menderita Alopecia Androgenic. Ini adalah faktor genetik yang diturunkan dari orang tua. Karena itu, konsultasi dengan dokter sangatlah diperlukan untuk dapat mengatasi masalah ini.

Selanjutnya juga dapat melihat Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Populer