Cara Merawat Rambut Agar Tampak Anggun

Diposting oleh Hendra on Kamis, 10 Januari 2013

Cara Merawat Rambut Agar Tampak Anggun - Rambut adalah mahkota anda, karena itu sangatlah penting untuk selalu merawatnya agar senantiasa terjaga kesehatan dan keindahannya. Khususnya bagi wanita, rambut yang indah, tebal, dan sehat (apalagi panjang) sangat mungkin untuk membuat lawan jenis menjadi terpesona (lihat Gaya Rambut Yang Disukai Pria).

cara merawat rambut agar terlihat indah

Dan mengobati rambut yang mengalami masalah itu jauh lebih repot dan mahal daripada menjaganya. Rambut Info telah memberikan banyak informasi tentang cara merawat rambut yang baik dan benar. Semuanya alami, tanpa efek samping, dan pastinya sangat efektif jika dilakukan secara rutin dan teratur. Berikut ini tips bagaimana cara merawat rambut agar tampak anggun :

1. Gunakan Minyak Esensial

Minyak-minyak alami yang dihasilkan oleh alam mempunyai banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Bahkan penggunaan minyak alami untuk perawatan rambut sudah dikenal sejak zaman nenek moyang dulu. Beberapa minyak esensial yang bermanfaat antara lain :
  • Minyak Zaitun. Mengandung antioksidan dan vitamin E yang sangat mudah diserap oleh rambut. Sangat baik untuk melembabkan rambut yang kusam dan rusak. Oleskan minyak zaitun secara merata di kulit kepala sambil dipijit perlahan. Tutup rambut dengan shower cup dan biarkan selama setengah jam, lalu dibersihkan dengan melakukan keramas seperti biasa.
  • Minyak Rosemary dan Jojoba. Untuk efek manfaat yang lebih banyak, anda dapat mencampurkan minyak zaitun dengan minyak rosemary atau minyak jojoba. Cara menggunakannya juga sama seperti diatas. Namun bagi anda yang sedang hamil, hindari penggunaan minyak rosemary, karena dipercaya dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

2. Gunakan Madu

Mempunyai manfaat yang luar biasa, tidak hanya bagi tubuh dan kulit, namun juga untuk kesehatan dan keindahan rambut. Ambil 1 sendok makan madu, campur dengan 1 sendok makan plain yogurt, minyak almond, dan wheat germ (dijual di supermarket) di dalam mangkuk. Aduk hingga benar-benar merata. Gunakan ini sebagai masker rambut. Biarkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Gunakan Jahe dan Minyak Wijen

Parut jahe kira-kira seukuran 1 sendok teh. Campurkan dengan minyak wijen secukupnya. Oleskan campuran ini secara merata di kulit kepala sambil dipijit perlahan. Biarkan sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan keramas menggunakan sampo herbal.

4. Makanan Yang Sehat

Sebisa mungkin untuk meyertakan makanan-makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 kedalam menu makan anda sehari-hari. Pastikan juga untuk mengkonsumsi sayuran-sayuran yang berwarna hijau tua. Menjaga menu makanan sehari-hari ini adalah cara merawat rambut yang paling mudah, namun juga sangat efektif.

5. Mengistirahatkan Rambut

Bukan hanya tubuh yang perlu untuk diistirahatkan, namun rambut juga sangat memerlukannya. Waktu yang tepat untuk mengistirahatkan rambut adalah saat mengalami masalah rambut kering atau pecah-pecah. Itu tanda bahwa rambut anda stres karena terlalu banyak terkena zat kimia dari produk-produk perawatan rambut. Istirahatkan rambut anda dari produk-produk tersebut. Ini akan mempercepat proses pemulihan, sehingga rambut anda akan kembali tampak anggun mempesona.

Populer