Agar Uban Tidak Muncul Terlalu Dini

Diposting oleh Hendra on Kamis, 03 Januari 2013

Agar Uban Tidak Muncul Terlalu Dini - Menjadi tua itu adalah hal pasti yang tidak dapat dilawan. Secara umum, proses penuaan itu ditandai dengan munculnya kerut-kerut halus pada kulit dan munculnya rambut putih di kepala anda. Namun walaupun mencegah uban adalah hal yang mustahil, proses kemunculannya dapat diperlambat.

mencegah uban muncul terlalu dini

Berbicara mengenai uban, pengaruh gaya hidup dan makanan ternyata mempunyai peranan dalam kemunculannya. Saat ini semakin banyak saja mereka-mereka yang masih berusia relatif muda namun telah memiliki uban di rambutnya. Apakah anda salah satunya? Jika iya, maka simak baik-baik beberapa cara mengatasi uban berikut ini :

Beberapa Cara Menghilangkan Uban

1. Cobalah Untuk Bersantai
Stres dipercaya memegang peranan yang penting terhadap munculnya uban pada rambut. Stres yang berlebih membuat kerja hormon-hormon pada tubuh menjadi tidak seimbang, salah satunya adalah hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut anda.

Luangkanlah waktu untuk bersantai dan tidak memikirkan pekerjaan sama sekali. Pergi berlibur bersama keluarga, berenang, mandi air hangat adalah beberapa pilihan yang dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks.

2. Minum Air Putih Yang Cukup
Dehidrasi dapat mengganggu sistem kerja semua organ pada tubuh anda. Folikel rambut menjadi tidak mendapatkan nutrisi yang maksimal. Akibatnya, pigmen yang membentuk warna rambutpun mengalami gangguan. Inilah yang memicu munculnya uban terlalu dini.

3. Berhenti Merokok
Anda pasti paham jika merokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Berbagai masalah tentang kesehatan akan muncul jika anda adalah seorang perokok, apalagi dibarengi dengan pola makan yang tidak baik dan gaya hidup yang tidak sehat.

Efek dari kebiasaan merokok sangat banyak. Dan yang berkaitan dengan postingan kali ini adalah dapat mempercepat penuaan. Merokok dapat membuat kerut-kerut halus pada kulit dan uban muncul lebih cepat dari yang seharusnya.

4. Jaga Kecukupan Zat Besi
Zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi sama saja dengan masalah bagi kesehatan rambut anda. Perhatikanlah makanan-makanan yang anda makan. Perbanyak sayur dan buah-buahan yang kaya akan kandungan zat besi untuk mencegah munculnya rambut putih terlalu dini.

5. Jaga Kecukupan Protein
Rambut sangat membutuhkan protein agar dapat terlihat indah berkilau. Menjaga kecukupan asupan protein juga dapat mencegah munculnya uban lebih cepat. Ada banyak makanan yang mengandung protein tinggi dan sangat baik untuk keindahan rambut, diantaranya yaitu ikan salmon dan kacang-kacangan.

Populer