Cara Mencuci Rambut Yang Benar

Diposting oleh Hendra on Jumat, 09 November 2012

Cara Mencuci Rambut Yang Benar - Salah satu ritual penting dan wajib dalam perawatan rambut adalah melakukan keramas atau mencuci rambut. Kegiatan yang rutin anda lakukan tersebut sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Dan karena saking seringnya, melakukan keramas sudah seperti kegiatan yang otomatis. Anda tentu tidak pernah berpikir bagaimana cara melakukan keramas, bagaimana langkah-langkahnya, dsb. Anda sudah biasa melakukannya.

cara keramas rambut yang benar

Pertanyaanya. Apakah cara anda mencuci rambut selama ini sudah benar? Apakah anda sudah tau cara keramas yang benar? Baiklah, berikut ini tips cara mencuci rambut yang benar, mungkin ini sudah sesuai dengan apa yang anda lakukan selama ini.

Tips Cara Melakukan Keramas Yang Benar

1. Tidak harus setiap hari
Bagi anda yang mempunyai tipe rambut berminyak dengan aktifitas yang tinggi memang disarankan untuk mencuci rambut setiap hari. Namun jika tipe rambut anda normal/kering atau aktifitas anda tidak membuat anda mengeluarkan keringat yang berlebih, maka keramas setiap hari malah akan membuat rambut anda menjadi kering.

2. Sisir rambut terlebih dahulu
Ini penting dan mungkin sering terlewatkan. Bagi anda yang mempunyai rambut panjang, menyisir rambut sebelum melakukan keramas termasuk sebuah kewajiban. Ketika basah, rambut anda dalam keadaan yang lebih rapuh sehingga mudah sekali rontok. Karena itu penting sekali untuk bersisir sebelum mencuci rambut. Ini dapat mengurangi resiko rambut rontok yang diakibatkan oleh rambut anda yang kusut ketika keramas.

3. Pilih sampo yang tepat
Jangan sembarangan memakai sampo. Pilihlah sampo dan kondisioner yang memang sesuai dengan tipe rambut anda. Perhatikan label pada sampo secara lebih teliti.

4. Jangan terlalu berlebihan
Saat mencuci rambut, gunakanlah sampo secukupnya. Jangan terlalu berlebihan, karena ini juga sebenarnya tidak baik walau efeknya tidak akan langsung dirasakan. Bisa dikatakan semua produk sampo mengandung bahan kimia.

5. Jangan keramas dengan air panas
Kecuali anda sedang melakukan treatment rambut tertentu, mencuci rambut sebaiknya dilakukan dengan menggunakan air dingin. Mencuci rambut dengan air panas dapat membuat rambut dan kulit kepala anda menjadi kering. Khususnya bagi anda pemilik tipe rambut kering, tentunya ini dapat memperparah kondisi rambut anda.

6. Sampo dan kondisioner berbeda
Cara memakai sampo dan kondisioner itu berbeda. Sampo untuk digunakan pada kulit kepala. Jadi fokuskan untuk membersihkan bagian kulit kepala saja. Biarkan busa sampo turun sendiri hingga ujung rambut. Sedangkan kondisioner adalah kebalikannya. Gunakan kondisioner mulai dari bagian tengah rambut hingga ke ujung.

Semoga artikel Cara Mencuci Rambut Yang Benar ini bermanfaat untuk anda!

Populer