3 Kesalahan Dalam Merawat Rambut

Diposting oleh Hendra on Sabtu, 05 Januari 2013

3 Kesalahan Dalam Merawat Rambut - Hanya karena ingin terlihat cantik sempurna, seringkali wanita mengambil keputusan yang salah dalam memperlakukan rambut mereka. Walaupun bisa jadi itu dilakukan tanpa sengaja dan tanpa disadari. Perawatan rambut yang salah serta penggunaan produk-produk kimia dalam jangka panjang sebenarnya sangat merugikan bagi keindahan dan kesehatan rambut.

kesalahan dalam merawat rambut

Berikut ini 3 kesalahan tentang cara merawat rambut yang seringkali dilakukan oleh wanita :

Salah dalam mencuci rambut

Mencuci rambut dengan shampo adalah kegiatan yang penting untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala anda. Namun mencuci rambut juga ada aturannya. Shampo hanya diperlukan jika memang dirasa perlu. Banyak sekali orang yang mencuci rambutnya dengan shampo setiap hari, dimana ini justru memicu terjadinya masalah rambut kering dan produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala. Minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat menyebabkan munculnya masalah ketombe.

Mencuci rambut menggunakan shampo cukup dilakukan 2 hingga 3 hari sekali jika kondisi rambut anda normal. Jika anda memiliki rambut berminyak, maka keramas setiap hari diperbolehkan, namun pastikan untuk menggunakan shampo yang ringan (mild shampoo). Jika hanya membutuhkan kesegaran, maka cucilah rambut anda dengan menggunakan air saja (tanpa shampo).

Salah dalam menggunakan hairdryer

Hanya karena ingin cepat, seringkali wanita langsung menggunakan hairdryer pada saat rambut masih basah. Ini adalah hal yang salah! Ada aturan yang harus diikuti jika ingin mengeringkan rambut dengan hairdryer. Agar rambut tidak semakin rapuh dan mudah patah, seharusnya rambut dikeringkan dulu dengan menggunakan handuk hingga tidak ada air yang menetes.

Gunakanlah fitur angin dingin hingga sedang jika hanya untuk mengeringkan rambut. Fitur angin panas hanya boleh digunakan jika anda ingin membentuk rambut. Perlu diperhatikan jika penggunaan fitur angin panas jangan terlalu lama hingga diatas 20 menit.

Salah dalam menggunakan sisir

Memilih sisir yang tepat adalah hal penting yang seringkali diabaikan. Padahal salah dalam memilih sisir ini dapat mengakibatkan banyak masalah rambut di kemudian hari. Bagi anda yang memiliki rambut tipis, pilihlah sisir yang mempunyai bantalan yang lembut. Hal ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya rambut patah dan rontok.

Selanjutnya bagi rambut keriting, pilihlah sisir biasa yang bergigi jarang serta terbuat dari bahan yang lembut. Ini agar rambut tidak mudah kusut saat disisir. Model sisir bulat juga boleh digunakan, namun pastikan sisir tersebut mempunyai diameter yang cukup besar. Perlu diperhatikan, tidak peduli anda mempunyai rambut lurus, ombak, atau keriting, semakin panjang rambut anda maka semakin besar pula diameter sisir yang harus anda gunakan. Nanti akan dibahas lebih jauh untuk cara menyisir rambut yang tepat pada postingan selanjutnya.

Populer