Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Diposting oleh Hendra on Jumat, 02 November 2012

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami - Pada postingan lain di blog ini Rambut Info sudah pernah membahas tentang apa itu ketombe, penyebab ketombe, dan apa yang harus dilakukan ketika rambut anda berketombe (lihat penyebab dan cara mengatasi ketombe). Nah, postingan kali ini dapat dikatakan sebagai kelanjutan dari artikel tersebut. Artikel ini akan menjelaskan kepada anda bagaimana menghilangkan ketombe menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita.

cara alami menghilangkan ketombe

Sekarang kita akan membahas cara menghilangkan ketombe dengan cepat. Dan seperti pada artikel-artikel yang lain, metode yang akan saya bagikan kali ini juga masih memakai bahan-bahan alami yang murah dan mudah diperoleh. Cara natural mempunyai keuntungan tersendiri ketimbang menggunakan bahan-bahan kimia. Selain sudah terbukti ampuh, cara alami juga tidak akan memberikan efek samping ketika suatu cara tidak cocok dengan kita.

Cara Alami Menghilangkan Ketombe

  • Soda Kue
Sebelumnya anda perlu untuk membasahi rambut anda terlebih dahulu. Ambil soda kue secukupnya lalu usapkan pada kulit kepala, terutama pada bagian yang banyak terdapat ketombe. Setelah itu bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Untuk cara menghilangkan ketombe membandel, anda dapat mengulanginya 2 atau 3 hari berikutnya. Pada sebagian orang, cara ini akan membuat rambut menjadi kering, namun ini hanya sementara. Setelah kurang lebih satu minggu biasanya rambut akan menjadi normal dan lembut kembali.

  • Cuka Putih
Campurkan 1 cangkir cuka putih dengan 1 cangkir air. Gunakan campuran ini untuk membilas rambut setelah anda keramas, fokuskan pada bagian kulit kepala. Diamkan sebentar lalu bilas lagi dengan air sampai benar-benar bersih.

Cara kedua adalah, campurkan 1 cangkir cuka putih dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan campuran ini ke seluruh kulit kepala, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu anda dapat melakukan keramas (dengan shampo) seperti biasa untuk membersihkannya.

  • Jeruk Nipis
Ambil sebutir jeruk nipis, belah jadi 2 lalu peras untuk diambil airnya. Siramkan air perasan jeruk nipis tersebut ke bagian kulit kepala yang banyak terdapat ketombe. Gunakan bagian dalam jeruk nipis untuk menggosok kulit kepala. Diamkan beberapa saat lalu gunakan air untuk membilasnya hingga bersih. Lakukan beberapa kali hingga ketombe hilang.

  • Santan Kelapa
Campurkan santan kelapa (dari setengah butir) dengan air perasan 1 butir jeruk nipis, 1 gelas jus nanas, dan 1 setengah gelas air kelapa. Cucilah rambut anda setidaknya 1 minggu sekali dengan campuran ini, fokuskan pada bagian kulit kepala. Ingat! Anda harus keramas menggunakan shampo setiap kali habis melakukannya.

  • Garam
Sebelumnya basahi rambut anda terlebih dahulu. Ambil garam secukupnya lalu gosokkan pada kulit kepala anda secara rata. Biarkan beberapa saat lalu keramaslah dengan menggunakan shampo untuk membersihkannya.

Perhatian :
Keefektifan tips cara menghilangkan ketombe secara alami diatas akan berbeda untuk masing-masing orang, ini karena penyebab munculnya ketombe memang beragam. Sebelumnya anda perlu mengetahui penyebab munculnya ketombe pada kepala anda, sehingga anda dapat mengira-ngira cara mana yang paling cocok bagi anda. Atau anda dapat mulai dengan memilih cara yang termudah terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Populer