Perawatan Rambut Sebelum Dan Setelah Berenang

Diposting oleh Hendra on Sabtu, 10 November 2012

Perawatan Rambut Sebelum Dan Setelah Berenang - Memang berenang adalah kegiatan yang sangat mengasyikan, apalagi jika dilakukan ramai-ramai bersama dengan teman-teman. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berenang juga sangat baik untuk refreshing dan bisa mengembalikan mood kita yang sedang kacau.

Namun selain manfaat-manfaat yang akan didapatkan, ternyata berenang juga dapat mengancam keindahan rambut anda. Kandungan klorin yang terlalu tinggi pada air kolam renang dapat merusak kutikula rambut karena menguras kandungan minyak alaminya. Begitupula jika anda berenang di pantai. Kandungan garam yang tinggi pada air laut dapat membuat rambut menjadi kering, kusam dan rapuh. Karena itu, penting sekali bagi anda untuk mengetahui perawatan rambut yang benar.

perawatan rambut saat berenang

Fakta ini bukan untuk membuat anda lantas tidak boleh berenang di kolam renang ataupun di pantai. Ikutilah beberapa tips merawat rambut sebelum dan sesudah berenang berikut ini agar anda tetap dapat memperoleh manfaat dari berenang sekaligus melindungi rambut indah anda dari kerusakan.

Tips Perawatan Rambut Sebelum Berenang

Gunakan Pelindung Rambut
Topi renang sangat baik untuk melindungi rambut anda dari kontak langsung dengan bahan kimia berbahaya dalam air kolam renang.

Gunakan Pelembab Rambut
Jika anda tidak suka menggunakan topi renang, maka oleskanlah pelembab rambut secara merata di rambut anda sebelum masuk ke kolam renang. Ini juga sangat efektif untuk melindungi rambut anda dari kontak langsung dengan bahan kimia dalam air kolam renang ataupun kandungan garam dalam air laut.

Basahi Rambut Anda
Rambut kering akan mudah sekali menyerap klorin ataupun garam. Karena itu, basahilah rambut terlebih dahulu dengan air bersih sebelum masuk ke kolam renang ataupun nyebur ke laut. Ini dapat mengurangi penyerapan bahan kimia berbahaya ataupun kandungan garam tersebut. Jangan lupa pula untuk segera membilas rambut anda dengan air bersih setelah selesai berenang.

Cara Merawat Rambut Setelah Berenang

Gunakan Sampo dan Pelembab
Selalu gunakan sampo untuk membilas rambut dan lengkapi dengan menggunakan pelembab untuk mencegah kekeringan pada rambut. Sangat disarankan untuk membilas rambut dengan air hangat terlebih dahulu sebelum berkeramas. Ini dapat melarutkan bahan-bahan kimia berbahaya yang menempel pada rambut.

Keringkan Secara Alami
Cukup tepuk-tepukkan rambut basah anda dengan handuk kering, lalu biarkanlah rambut anda kering secara alami. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah ujung rambut menjadi pecah-pecah.

Perawatan Tambahan
Bagi anda yang sangat suka berenang dan sering melakukannya, maka gunakanlah shampo khusus yang digunakan oleh para perenang. Shampo ini mengandung serum dan pelembab khusus yang sangat baik untuk melindungi rambut. Melakukan perawatan creambath atau hairspa secara rutin juga sangat direkomendasikan.

Semoga beberapa tips perawatan rambut sebelum dan setelah berenang diatas dapat membuat anda lebih merasa nyaman untuk berenang karena tidak kuatir lagi rambut akan menjadi kering dan rusak.

Populer