Tips Perawatan Rambut Sehari-Hari

Diposting oleh Hendra on Minggu, 11 November 2012

Tips Perawatan Rambut Sehari-Hari - Disamping perawatan rambut khusus, baik itu dengan menggunakan produk-produk yang dijual dipasaran ataupun secara alami dengan bahan-bahan sederhana, anda juga harus paham bagaimana cara merawat rambut sehari-hari. Hal ini tidak lain adalah untuk menjaga rambut anda agar senantiasa sehat dan indah. Memahami bagaimana cara perawatan rambut sehari-hari akan membuat rambut anda terhindar dari masalah-masalah yang mungkin terjadi.

tips perawatan rambut sehari-hari

Berikut ini adalah beberapa cara perawatan rambut sehari-hari yang wajib untuk anda ketahui agar rambut anda senantiasa terjaga kesehatan dan keindahannya.

Cara Mencuci dan Menyisir Rambut :

  • Cucilah rambut sekurang-kurangnya 2 kali dalam seminggu.
  • Jangan menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut. Jika harus menggunakan hairdryer, maka pilihlah fitur angin dinginnya.
  • Jangan terlalu sering menyisir rambut. Selain dapat membuat rambut rentan patah, juga dapat memicu kelenjar minyak berproduksi lebih banyak, sehingga rambut terlihat lepek. Gunakan sisir yang bergigi jarang, terutama jika rambut anda panjang. Ini dapat mengurangi kerontokkan rambut.

Tips Penggunaan Produk Perawatan Rambut :

  • Hindari menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol tinggi karena akan membuat rambut menjadi kering dan yang dapat menutupi pori-pori kulit kepala.
  • Jangan menggunakan hairspray terlalu banyak, karena mengandung zat polimer yang dapat menahan kelembaban rambut anda.
  • Gunakan serum (hair shine) yang dapat membuat rambut anda bercahaya, usapkan terutama pada bagian ujung rambut.

Tips Memperlakukan Rambut :

  • Jangan mengikat rambut terlalu sering untuk waktu yang lama. Ini dapat membuat rambut menjadi rapuh dan mudah untuk patah. Pilih ikat rambut yang dilapisi bahan yang nyaman untuk rambut.
  • Gunakan swim cap (topi berenang) saat berenang untuk melindungi rambut dari klorin dan bahan kimia berbahaya lainnya (lihat perawatan rambut sebelum dan sesudah berenang).

Tips Perawatan Rambut Rutin :

  • Lakukan trim (pemotongan sedikit bagian ujung rambut) setidaknya setiap 1,5 bulan sekali. Selain untuk merapikan, ini juga berfungsi untuk membuang bagian ujung rambut yang biasanya pecah-pecah (bercabang).
  • Jangan terlalu sering menggonta-ganti warna rambut dan menggunakan udara panas dari hairdryer.
  • Rutinlah untuk melakukan creambath dan perbanyak konsumsi protein jika ingin rambut anda cepat panjang (lihat cara menumbuhkan rambut dengan cepat).
Semoga tips perawatan rambut sehari-hari ini dapat berguna dan memberikan manfaat agar anda tetap dapat menjaga kesehatan dan keindahan rambut!

Populer