3 Kesalahan Memperlakukan Rambut

Diposting oleh Hendra on Sabtu, 12 Januari 2013

3 Kesalahan Memperlakukan Rambut - Sadar atau tidak sadar, seringkali masalah-masalah rambut yang anda alami itu sebenarnya karena kesalahan anda sendiri dalam memperlakukan rambut. Melakukan perawatan rambut untuk memberbaiki kondisi yang sudah rusak tentu saja lebih merepotkan daripada menjaganya. Belum lagi jika mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.

kesalahan-kesalahan dalam memperlakukan rambut

Berikut ini adalah 3 kesalahan dalam memperlakukan rambut yang sering dilakukan :

1. Terlalu Sering Mengikat Rambut
Mengikat atau menguncir rambut adalah cara paling praktis untuk membuat rambut terlihat rapi. Ini dapat menyelamatkan penampilan anda ketika mengalami bad hair day. Namun sebaiknya jangan terlalu sering mengikat rambut, apalagi jika mengikatnya dengan ketat sepanjang hari.

Masalah yang paling mungkin akan menimpa anda adalah sakit kepala, dan yang paling parah adalah mengalami kerontokkan rambut. Hal ini terjadi karena ikatan yang terlalu ketat akan membuat kulit kepala menjadi tegang dan stres. Ini menyebabkan akar rambut menjadi lemah, sehingga rambut akan mudah sekali rontok.

Jadi jangan terlalu ketat saat mengikat rambut. Usahakan pula untuk sering merubah titik ikatan, selain untuk menghidari tekanan pada titik yang sama secara terus menerus, hal ini juga bisa menjadi variasi untuk gaya rambut anda. Ada baiknya untuk mengistirahatkan rambut dan mengganti karet rambut dengan jepit rambut untuk merapikannya.

2. Suka Merubah Tekstur Rambut
Ini mungkin telah menjadi trend dalam 10 tahun terakhir ini. Rambut keriting diluruskan, atau sebaliknya, rambut lurus dibuat menjadi keriting. Sebenarnya jika anda cukup mengerti, rambut keriting maupun lurus adalah sama bagusnya jika dibentuk dengan tepat. Ada banyak pilihan model rambut keriting yang akan membuat anda menjadi pusat perhatian, begitupula untuk rambut lurus.

Merubah tekstur rambut bagi anda yang memiliki rambut tipis bisa menjadi sebuah bencana. Masalah rambut rontok dan patah mulai sedang hingga berat sangat mungkin untuk anda alami. Karena itu, pahami dulu kondisi rambut anda sebelum memustuskan untuk merubah teksturnya. Karena jika sudah rusak, maka akan butuh waktu yang cukup lama untuk memperbaiki kondisinya.

Istirahatkan dulu rambut anda selama beberapa saat dari bahan-bahan kimia jika tetap ingin untuk merubah tekstur rambut. Pastikan pula untuk selalu melakukan perawatan rambut secara rutin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Terlalu Banyak Bahan Kimia dan Melupakan Perawatan Rambut
Entah ini sebuah tuntutan atau memang sengaja untuk diada-adakan, namun yang jelas banyak orang yang menjadi ketergantungan menggunakan wax, gel, ataupun hairspray untuk menata rambut mereka. Memakai produk-produk penataan rambut seperti diatas setiap hari sebenarnya bisa membuat masalah.

Yang paling sering akan dihadapi adalah masalah ketombe, apalagi jika kurang bersih saat mencuci rambut. Sebaiknya jangan terlalu membebani rambut anda dengan bahan-bahan kimia dari produk penataan rambut setiap hari. Berikan waktu untuk rambut kembali memulihkan keadaanya dengan membiarkannya dalam keadaan alami.

Rutinlah untuk mengamati kondisi rambut dan kulit kepala, apalagi jika anda suka merubah tekstur dan warna rambut. Jika menemukan masalah, maka pastikan untuk segera mencari solusi dan melakukan perawatan. Jangan ditunda hingga masalah rambut menjadi semakin parah. Semakin parah kondisi rambut, maka semakin sulit dan lama pula waktu yang diperlukan untuk memperbaiki kondisinya.


Bagikan artikel ini ke teman-teman di facebook, twitter, atau G+.

Populer