Tips Cara Merawat Rambut Keriting

Diposting oleh Hendra on Sabtu, 22 Desember 2012

Tips Cara Merawat Rambut Keriting - Jika sebelumnya Rambut Info pernah menyampaikan beberapa model potongan terbaik untuk rambut keriting (lihat 7 model rambut keriting terbaik), maka kali ini waktunya untuk memberikan tips bagaimana caranya menjaga rambut keriting agar tetap terlihat indah.

tips merawat rambut keriting

Secara umum, tekstur dari rambut keriting memang sedikit berbeda dengan jenis rambut yang lainnya. Permasalahan yang paling sering dialami oleh mereka yang mempunyai rambut keriting biasanya adalah masalah rambut kering. Dan ini seringkali terjadi karena kesalahan dalam memperlakukan rambut itu sendiri.

Sebenarnya rambut keriting bisa menjadi terlihat sangat cantik dan mempesona jika dirawat dengan tepat. Perawatan rambut keriting juga tidak terlalu susah, berikut ini beberapa langkah yang harus anda ketahui dan dapat anda ikuti :

Tips Perawatan Rambut Keriting

1. Gunakan Pelembab Rambut
Seperti yang telah ditulis diatas, bahwa rambut keriting biasanya cenderung kering dan kaku. Karena itu, pelembab rambut adalah 'perlengkapan perang' yang wajib untuk digunakan. Menggunakan pelembab rambut akan mencegah rambut anda menjadi kusut dan terlihat kusam.

2. Cara Keramas Yang Benar
Jangan terlalu sering mencuci rambut. Para ahli menyarankan bagi mereka yang mempunyai rambut keriting hanya boleh melakukan keramas maksimal 2 kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk mencegah hilangnya kelembaban alami dari rambut. Selain itu, jangan mencuci rambut dengan air hangat. Ini juga akan membuat kulit kepala menjadi kering dan rambut menjadi semakin kaku.

3. Keringkan Rambut Dengan Benar
Jangan pernah menggosok rambut anda dengan handuk. Ini akan membuat rambut anda menjadi kusut dan kusam. Cara mengeringkan rambut keriting yang benar adalah dengan membungkus rambut dengan handuk, kemudian anda tekan-tekan agar air meresap ke handuk.

Hindari juga mengeringkan rambut dengan hairdryer. Udara panas yang dihasilkan oleh hairdryer akan membuat rambut anda menjadi kaku dan semakin susah untuk diatur.

4. Menyisir Rambut Dengan Benar
Pilih dan gunakan sisir rambut yang bergigi jarang untuk menyisir rambut anda. Hal yang penting untuk diperhatikan dalam cara menyisir rambut bagi anda yang berambut keriting adalah jangan terlalu sering menyisir rambut anda, terutama jika rambut dalam keadaan kering. Ini akan membuat rambut mengembang tidak karuan dan terlihat kaku.

Sangat disarankan pula bagi orang yang mempunyai rambut keriting / berombak untuk menyisir rambutnya saat masih dalam keadaan setengah basah setelah keramas. Ini akan memberikan tekstur rambut yang terlihat indah setelah rambut kering. Menyisir dengan menggunakan jari juga dapat dilakukan sebagai salah satu cara menata rambut keriting.

Populer