Apa Olahraga Bisa Menghentikan Rambut Rontok?

Diposting oleh Hendra on Sabtu, 16 November 2013

Apa Olahraga Bisa Menghentikan Rambut Rontok? - Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya yang membahas tentang penyebab rambut rontok, masalah ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan, hormon, kondisi medis tertentu, hingga stres. Jadi jika anda mengalami masalah kerontokan rambut, hal pertama yang harus anda cari tahu terlebih dahulu adalah faktor penyebabnya, setelah itu baru anda bisa menentukan cara mengatasi rambut rontok seperti apa yang anda inginkan, baik itu secara alami ataupun menggunakan metode lainnya.

olahraga dapat menghentikan rambut rontok

Mengenai tema yang Rambut Info bahas kali ini, mungkin sebagian anda masih mencari hubungan antara olahraga dengan rambut rontok. Apakah mereka saling terkait satu sama lain? Jawabannya adalah "BISA JADI". Karena telah disebutkan sebelumnya jika stres yang berlebihan dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Dan olahraga adalah salah satu cara yang ampuh untuk meredakan maupun menghilangkan stres.

Hubungan Stres Dengan Rambut Rontok

Setidaknya ada tiga jenis kerontokan rambut yang dapat dikaitkan dengan masalah stres. Yang pertama adalah alopecia areata, yaitu suatu kondisi dimana sel darah putih menyerang folikel rambut anda, membuat rambut berhenti tumbuh dan mudah untuk lepas. Yang kedua, stres fisik dan emosional juga dapat memicu terjadinya kondisi telogen effluvium yang memaksa rambut anda memasuki fase istirahat, dimana ini juga membuat rambut menjadi mudah rontok. Yang terakhir adalah trikotilomania, yaitu suatu kondisi dimana anda akan menarik rambut anda sendiri secara kompulsif tanda anda sadari. Perilaku ini seringkali ditunjukan oleh mereka yang mengalami stres, kecemasan, ketegangan, serta serangan perasaan-perasaan negatif lainnya.

Manfaat Olahraga Dalam Mengatasi Rambut Rontok

Hampir semua jenis olahraga mulai dari yang ringan seperti yoga, hingga olahraga berat seperti angkat beban dan panjat tebing dapat membantu anda mengatasi stres. Dan hal ini tentu sangat baik untuk mencegah terjadinya ketiga tipe rambut rontok seperti yang disebutkan tadi. Olahraga yang teratur akan meningkatkan produksi hormon endorfin, yaitu senyawa yang membuat anda merasa senang dan nyaman. Ini akan sangat membantu anda untuk rileks dan mengatasi stres, serta menghilangkan pikiran-pikiran negatif.

Tips Tambahan

Temui dokter langganan anda untuk mencari tahu kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa saja menjadi penyebab terjadinya masalah rambut rontok yang anda alami. Atau anda bisa meminta saran mengenai menu makanan sehat yang bisa anda makan untuk membantu mengatasi masalah dari dalam tubuh. Karena perlu anda ketahui juga, beberapa suplemen vitamin rambut juga dapat membantu menghentikan kerontokan rambut yang anda alami.

Populer