Penyebab Rambut Rontok Bagian 2

Diposting oleh Hendra Wibowo on Selasa, 04 Desember 2012

Penyebab Rambut Rontok Bagian 2 - Pada artikel sebelumnya anda sudah mengetahui seperti apa masalah rambut rontok yang disebabkan oleh faktor hormonal. Kali ini saya ingin membahas penyebab rambut rontok yang berikutnya, yaitu penyakit. Ya, beberapa jenis penyakit atau kondisi tubuh tertentu juga diketahui dapat membuat rambut menjadi rontok. Dan seringkali hal ini bersifat parah dan bisa berakibat fatal (kebotakan) jika tidak segera ditangani dengan baik.

rambut rontok karena faktor penyakit

Rambut Rontok Akibat Sakit atau Penyakit

Folikel rambut pada kulit kepala mempunyai tingkat sensitifitas yang tinggi dan cepat bereaksi terhadap ketidakseimbangan yang terjadi dalam tubuh. Kondisi ini biasanya akan segera pulih jika tubuh telah kembali dalam keadaan yang normal.

  • Demam tinggi, infeksi parah, dan flu berat
Tiga keadaan diatas biasanya akan membuat anda mengalami kondisi kerontokkan rambut diatas rata-rata. Masalah ini dapat berlangsung antara 1 hingga 3 bulan setelah anda sembuh dari penyakit-penyakit tersebut. Namun anda tidak perlu merasa kuatir yang berlebihan, karena masalah rambut rontok yang disebabkan oleh ketiga penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya.
  • Kekurangan protein
Pola makan yang buruk serta rendah kadar protein dapat membuat akar rambut menjadi lemah dan mudah tercabut. Untuk menanggulanginya, anda hanya perlu menambah asupan protein dalam makanan anda.

  • Obat-obatan
Beberapa jenis obat seperti obat-obatan untuk penyembuhan penyakit jantung, arthritis, tekanan darah tinggi, depresi, dan obat pengencer darah dapat membuat anda mengalami penipisan rambut. Selain itu, konsumsi vitamin A dalam dosis yang tinggi juga akan mengakibatkan hal yang sama.
radiasi

  • Tiroid
Untuk mengetahui jika anda terkena penyakit ini, jalan satu-satunya adalah dengan melakukan pengecekan di laboratorium. Masalah rambut rontok yang disebabkan oleh tiroid dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat.

  • Pengobatan penyakit kanker
Pengobatan kanker yang menggunakan kemoterapi dan radiasi akan membuat sel-sel menjadi mati. Ini akan menyebabkan kondisi kerontokkan rambut yang sangat parah, bahkan hingga 90% rambut pada kepala dapat hilang. Namun jika pengobatan dihentikan, maka biasanya rambut akan kembali tumbuh normal.

  • Kekurangan zat besi
Rambut rontok biasanya akan dialami oleh wanita yang mempunyai siklus datang bulan yang parah. Ini disebabkan oleh berkurangnya kandungan zat besi dalam tubuh secara drastis. Untuk mengetahui apakah anda mengalami kekurangan zat besi, anda harus melakukan cek di laboratorium. Penanggulangannya tentu adalah dengan mengkonsumsi pil zat besi.

  • Alopecia areata
Masalah kerontokkan rambut ini dipercaya disebabkan oleh reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap folikel rambut. Biasanya akan membuat rambut benar-benar habis pada area-area tertentu sebesar koin. Kulit pada area itu akan terasa mulus tanpa ditumbuhi sehelai rambutpun. Cara mengatasi rambut rontok seperti ini dapat dengan melakukan pengobatan topikal, pengobatan alami, atau dengan obat-obatan melalui resep dokter.

  • Infeksi jamur
Infeksi pada kulit kepala yang disebabkan oleh jamur (kurap) dapat menjadi masalah yang serius dan merupakan penyakit menular yang umum pada anak-anak. Pengobatan masalah rambut rontok yang disebabkan oleh infeksi jamur ini adalah dengan menggunakan obat oral.

Populer