Cara Menyisir Rambut Yang Tepat

Diposting oleh Hendra on Senin, 07 Januari 2013

Cara Menyisir Rambut Yang Tepat - Tips rambut kali ini tentang menyisir rambut. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menyisir rambut. Selain berguna untuk merapikan dan membentuk rambut, menyisir juga memberikan manfaat kesehatan yang penting untuk rambut. Manfaat itu antara lain adalah dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala, ini sangat membantu akar rambut untuk mendapatkan pasokan nutrisi secara maksimal. Selain itu, menyisir rambut juga dapat meratakan minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak hingga ke ujung rambut.

cara menyisir rambut yang benar

Karena merupakan aktifitas yang cukup penting bagi keindahan dan kesehatan rambut, anda tidak boleh salah dalam melakukannya. Cara yang salah dalam menyisir rambut dapat memberikan efek yang buruk, apalagi jika dalam jangka panjang.

model macam-macam sisir rambut

Beberapa Tips Menyisir Rambut Yang Benar

  1. Bagi anda yang memiliki rambut yang panjang atau rambut keriting, sebaiknya gunakan dulu jari anda untuk menyisir sebelum menggunakan sisir. Rapikan dulu bagian ujung rambut yang bisanya kusut. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut yang berlebih atau rambut patah.
  2. Untuk memudahkan dalam merapikan rambut, bagilah rambut anda menjadi beberapa bagian sebelum menyisirnya. Setelah semua bagian itu tidak kusut, barulah anda boleh menyisirnya secara sekaligus untuk membentuk rambut.
  3. Pilih sisir yang bergigi jarang jika anda memiliki rambut yang keriting. Sisir bulat boleh digunakan asal mempunyai diameter yang cukup besar. Bagi anda yang memiliki rambut yang tipis, pilihlah sisir yang mempunyai bantalan yang lembut dan tidak kasar. Ini sangat membantu untuk mencegah rambut menjadi rontok atau patah.
  4. Jangan terlalu keras menekan saat menyisir rambut. Selain dapat melukai kulit kepala, hal ini juga dapat memicu produksi minyak yang berlebihan pada kelenjar minyak.
  5. Gunakan model sisir yang pipih dan panjang untuk merapikan rambut. Model sisir seperti ini cocok untuk mengatasi kekusutan rambut. Sedangkan jika ingin menambah volume rambut, pilihlah model sisir yang bundar. Sisir ini juga sangat cocok digunakan untuk membentuk rambut memakai hair dryer.
  6. Sangat tidak dianjurkan untuk menyisir rambut dalam keadaan basah, kecuali jika anda memiliki rambut yang keriting. Saat dalam kondisi basah tekstur rambut menjadi lebih rapuh, sehingga sangat rentan terhadap masalah rambut rontok atau rambut patah. Untuk itu, gunakan jari tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan sisir. Bagi anda yang memiliki rambut lurus atau sedikit berombak, sebaiknya tunggu hingga rambut kering atau setidaknya setengah kering sebelum menyisirnya.

Populer